Lonjakan karir milenial melalui 'Management Trainee'

Management Trainee
Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan mengisi booth konseling di acara jobfair di Yogyakarta. Saya cukup sedih dengan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para jobseeker saat ini seperti, gagal tes, kesulitan membuat CV (curriculum vitae), belum menemukan passion, hingga merasa sulit mencari lowongan yang sesuai dengan jurusan. Bagi jobseeker yang kesulitan mencari pekerjaan yang sesuai jurusan, mereka bisa melamar lowongan untuk semua jurusan. Kebetulan, saat itu saya coba survei ke booth-booth perusahaan yang ada di jobfair tersebut. Kebanyakan, mereka membuka peluang untuk posisi management trainee. Akan tetapi, ternyata masih banyak freshgraduate yang belum memahami management trainee itu sendiri.
Management trainee adalah suatu program karir jalur cepat (fast track career) yang diadakan oleh perusahaan dengan tujuan menciptakan bibit-bibit calon penerus pimpinan perusahaan. Menarik bukan? Berikut adalah manfaat ketika kamu menjadi kandidat management trainee :

Terbuka untuk Freshgraduate
Bagi kamu yang baru lulus, program Management Trainee (MT) ini sangat membuka lebar peluang untuk kamu. Biasanya, perusahaan juga membuka peluang bagi jobseeker tanpa pengalaman sekalipun. Asalkan, memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. MT ini juga biasanya terbuka untuk semua jurusan dengan IPK minimal 3.00. Buat kamu yang masih merasa bingung dengan jurusan kamu, kesempatan emas pastinya.

Career Path
Jika kamu sedang/sudah menjadi kandidat MT, peluang jenjang karirmu juga akan melejit dibandingkan ketika kamu melamar sebagai staff umum. Yup, program MT ini semacam akselerasi jalur karir. Jadi, para kandidat MT akan dituntut untuk cepat belajar mulai dari budaya perusahaan, jobdes, kemampuan teknikal, serta soft skill sebagai leader. Kebayang kan, kamu yang baru lulus 5 tahun kemudian sudah bisa menjadi top management suatu perusahaan di usia muda. 

Learning Opportunities
Biasanya, kandidat MT akan mendapat materi in class training selama waktu beberapa bulan sebelum diterjunkan ke lapangan. Hal ini menjadi hal yang membedakan antara MT dengan staff umum. Staff umum, mungkin hanya akan mendapat on the job training atau bekerja di bawah pengawasan atasan selama 3 bulan pertama bekerja. Sedangkan MT, akan diberikan materi khusus dan tidak hanya mempelajari satu jabatan saja, tapi seluruh jabatan yang ada di perusahaan, bahkan proses produksi, dan manajemen. Hal ini dikarenakan, kandidat MT yang nantinya akan diperuntukkan menjadi calon top leader di perusahaan sehingga diharapkan harus paham seluk beluk perusahaan, peka terhadap masalah, dan tentunya mampu memberikan solusi atas masalah tersebut.

Extra Benefits
Sebagai kandidat MT, kamu akan mendapatkan extra benefits dari perusahaan. Gaji awal saja, biasanya akan lebih tinggi dari staff umum. Selain itu, fasilitas lain seperti mess, makan, transport, bahkan mendapat kendaraan khusus bisa didapatkan kandidat MT. Akan tetapi, hal tersebut tergantung dari kebijakan perusahaan juga sih. Yang jelas, biasanya kandidat MT akan mendapat tunjangan yang lebih dibanding staff umum.

Sangat menggiurkan posisi sebagai Management Trainee (MT) ini. Meskipun begitu, kalian juga tetap dituntut untuk bisa memberikan sesuatu yang lebih kepada perusahaan. Perusahaan juga tentunya akan memilih kandidat terbaik untuk menjadi MT di perusahaan mereka. Jangan sampai, staff yang mereka miliki malah justru lebih berpotensi dibandingkan kandidat MT ini. Kadangkala, perusahaan juga membuka kesempatan bagi karyawan internal untuk mendaftarkan diri sebagai kandidat MT. Jadi, untukmu yang masih kuliah atau freshgraduate, terus upgrade skill kamu untuk menambah bahan di CV kamu ya. Sekedar tips, perusahaan tentu akan menyukai freshgraduate yang aktif dalam organisasi, aktif berbahasa inggris, tegas, memiliki loyalitas dan komitmen yang tinggi pada pekerjaan, serta tentunya kemampuan leadership yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

Im getting married

Kontroversi Doktor Psikologi : The Differences of Psychology Licence

Tim Rebahan Wajib Baca